Kamis, 27 November 2014

GABRIEL


Nama Gabriel berarti "Man of God" atau "God Has Shown Himself Mightily" atau "Strength of God".

Gabriel merupakan salah satu dari dua malaikat ranking tertinggi.

Dia adalah malaikat terkemuka yang berdiri di hadapan Tuhan sebagai asisten-Nya. Dia adalah Malaikat akan Kabar Sukacita, kemanusiaan, kebangkitan, surga rahmat, dendam, kematian, wahyu, kebenaran, harapan, Pembawa berita, pembawa yang mengungkapkan jawaban, dan pembuat perubahan.

Gabriel adalah seorang malaikat yang muncul dalam Alkitab.

Gabriel disebut sebagai malaikat yang tugasnya menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia. Salah satu pesan yang pernah disampaikan adalah berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria yang tertulis dalam Injil Lukas (Luk. 1: 19, 26).Ia menerangkan penglihatan kepada Daniel (Dan. 8:16; 9:2 1). Dan ia juga diutus kepada Zakharia.

Gabriel adalah malaikat yang menyampaikan berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria (Lukas 1:19-26) dan kelahiran Yohanes Pembaptis kepada Zakharia, ayahnya. Ia juga menerangkan penglihatan kepada Daniel (Daniel 8:16; 9:21).

Di dalam budaya Semitik nama selalu punya arti sebagai tanda untuk menyatakan sesuatu atau penanda-ingat. Dalam bahasa Ibrani dan bahasa Aram, kata Gabriel dibentuk dari dua kata dan disampaikan oleh sang malaikat itu sendiri dgn bahasa yg dimengerti oleh Bangsa Israel, demikian penguraiannya:

Gabriel (Gamal-Beith-Resh-Alaph-Lamadh) berasal dari
* Gbra = pelindung, perkasa, benteng.
* El = Allah, Tuhan, Eloah.

Secara hurufiah bisa berarti:

pelindung-Tuhan
perkasa-Tuhan
benteng-Tuhan

Menurut agama Islam, malaikat Gabriel (atau lebih dikenal sebagai Jibril) adalah malaikat yang menurunkan Al-Qur'an kepada nabi Muhammad. Selain itu, Gabriel juga diyakini sebagai malaikat yang turun pada saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan, yang diyakini sebagai malam awal turunnya Al-Qur'an.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar